Header Ads


Tips Iwagumi Style untuk Aquascape

 Bagi sobat yang belum begitu mengenal tentang style iwagumi, ada beberapa penjelasan sederhana mengenai iwagumi style dalam akuarium. Apa sih itu Iwagumi style? Iwagumi merupakan bahasa Jepang yang berarti tatanan batu/formasi batu dan mengacu pada posisi batu yang menjadi peran utama dalam hiasan akuarium, dan lebih spesifik lagi yakni aquascape dengan gaya natural (alami menggunakan bebatuan).


Dalam pembuatan iwagumi style ada beberapa hal yang perlu sobat ketahui, yaitu batu terdiri dari 3 atau lebih dengan menggunakan susunan ganjil. Akan tatapi desain yang paling utama dalam iwagumi adalah 3 batu dengan ukuran yang berbeda-beda atau dengan memberikan nama pada setiap batu (kalo di Negeri Sakura).

Susunan Batu dalam Iwagumi Style

Prisip dasar ada 3 buah batu, yang disebut dengan Sanzon Iwagumi (tiga pilar batu susunan), dan kalo di jepang mereka menyebut formasi bebatuan dalam susunan Iwagumi dengan urutan sebagai berikut :.

Batu pertama disebut dengan Oyaishi, merupakan batu terbesar dalam formasi batu iwagumi (2/3 dari ketinggian akuarium), dan dengan ukuran yang paling menonjol diantara batu lainnya, pilih dengan bentuk yang unik dan terlihat natural.

Batu kedua disebut dengan Fukuishi, merupakan batu terbesar kedua setelah Oyaishi atau biasa disebut dengan batu sekunder dalam Iwagumi. Batu sekunder ini tidak boleh lebih besar dengan OyaishiI dan dengan bentuk yang harus mirip dalam tekstur serta corak yang sama dengan batu primer.

Batu ketiga disebut dengan Soeishi,merupakan batu ketiga ini lebih kecil sedikit daripada batu sekunder, dengan tata letak lebih berdekatan dengan batu sekunder dan primer. Fungsi batu ketiga ini bakal sama dengan batu keempat yakni memperkuat karakter dari batu utama. Untuk corak dan bentuk tekstur usahakan sama semua untuk mendapatkan kesan natural dalam aquascape.

Batu keempat disebut dengan Suteishi, merupakan batu terakhir dan bisa Anda tambah jumlahnya. Sebab batu ini adalah karakter pembantu untuk menonjolkan kedua batu utama. Dalam dunia akuarium batu keempat ini lebih sering disebut dengan batu korban, fungsi sama dengan batu ketiga namun menjadi penentu dari kesan natural dalam akuarium.

Tips/Trik Menciptakan Style Iwagumi Simpel

•    Akuarium diisi dengan substrate secara merata, dan tempatkan sebagian batu kedalamnya, untuk mendapatkan kesan yang lebih kompleks yakni dengan cara menebalkan substrate pada bagian belakang maupun sudut akuarium.

•    Lalu masukkan kedalam akuarium batu pertama dan kedua, tataletak atur sesuai dengan imajinasi sobat, untuk mendapatkan posisi yang sempurna letakan dengan menggunakan teori The Golden Ratio, atau letakkan dengan jarak 2/3 dari ukuran lebar akuarium.

•    Masukkan batu berdasarkan bentuk dan ukuran dari batu, posisikan dengan membentuk sebuah nuansa natural dari bebatuan alam pegunungan.

•    Lalu sebelum langkah selanjutnya, sebaiknya yang sobat lakukan adalah tinggalkan akuarium salama 2 hari, hal ini untuk meyakinkan hati sobat tentang konsep dari akuarium tersebut.

•    Masukan substrate sisa dengan menaburkan secara perlahan menggunakan wadah kecil, dan setelah itu bisa sobat isi air lalu biarkan semua tumbuh dengan alami.

No comments

Powered by Blogger.